Menu Close

Santunan Bulan September 2019

Assalamua’alaikum Wr. Wb.

Segala puji bagi ALLAH SWT yang telah melimpahkan nikmat yang tak terhingga kepada kita semua.
Alhamdulillah, pada hari Ahad, tanggal 29 September 2019 telah terlaksana dengan baik juga lancar, acara “Silaturahmi & santunan bagi Yatim, Piatu dan Dhuafa” yang merupakan Program Rutin Bulanan di Yayasan Amalia Insan Firdaus.

Kegiatan kali ini dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an beserta sari-tilawahnya oleh siswi binaan Yayasan Amalia Insan Firdaus yaitu ananda Dilla Ilmiah dan Siti Sarah yang membacakan surat Al-Baqarah ayat 261-264 yang artinya:

“261. Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.

262. Orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah, kemudian mereka tidak mengiringi apa yangdinafkahkannya itu dengan menyebut-nyebut pemberiannya dan dengan tidak menyakiti (perasaan si penerima), mereka memperoleh pahala di sisi Tuhan mereka. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.

263. Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik dari sedekah yang diiringi dengan sesuatu yang menyakitkan (perasaan si penerima). Allah Maha Kaya lagi Maha Penyantun.

264. Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian. Maka perumpamaan orang itu seperti batu licin yang di atasnya ada tanah, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, lalu menjadilah dia bersih (tidak bertanah). Mereka tidak menguasai sesuatupun dari apa yang mereka usahakan; dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir”.

Selain sambutan dari pembina dan ketua yayasan, acara yang dipandu oleh ust. Kuswara ini juga diisi dengan laporan evaluasi kegiatan di bulan September yang antara lain laporan hasil observasi pengurus tentang motivasi anak-anak siswa binaan untuk datang belajar, serta perilaku anak saat di lingkungan Yayasan. Dilaporkan juga tentang penerimaan donasi infaq dan shodaqoh yang antara lain diterima dari Sekolah Islam Terpadu ANNIDA Taman Sentosa (uang tunai & sembako), dan juga dari PT. Sumber Alfaria Trijaya (sembako).

Adapun tausiyah dengan inti pesan “Kasih Sayang Seorang Ibu Tiada Terbatas” disampaikan oleh kak Budi dalam bentuk cerita anak yang penuh dengan keceriaan. Acara dilanjutkan dengan doa bersama sebelum acara santunan dilaksanakan.

Santunan dibagikan kepada anak-anak yatim, piatu dan dhuafa yang hadir kali ini sebanyak 28 anak, adapun jumlah keseluruhan peserta yang hadir dalam acara sore hari itu berjumlah sekitar 45 orang. Selain pembagian santunan, dibagikan juga hadiah berupa uang tunai kepada 3 (tiga) siswa tergiat pada kegiatan belajar periode bulan Agustus. Tidak ketinggalan juga pengukuhan 2 (dua) orang siswa binaan sebagai kader pemula, guna menyiapkan regenerasi kepengurusan di Yayasan Amalia Insan Firdaus.

Acara berjalan dengan penuh kekeluargaan dan santai, seluruh peserta acara mengikuti jalannya acara sambil sesekali menikmati hidangan snack sebelum akhirnya pada pukul 17:30 WIB pulang ke rumah masing-masing dengan membawa bingkisan nasi box untuk makan malam.

Terima kasih kami ucapkan kepada para donatur yang telah dengan ikhlas menginfakan sebagian hartanya dan juga seluruh pihak yang telah ikut membantu mengupayakan terlaksananya acara yang mulia ini, Semoga Allah memberi pahala atas apa yang telah engkau berikan, menjadikannya penyuci bagimu dan melimpahkan berkah terhadap hartamu yang tersisa dan juga memberi balasan kebaikan yang berlipat ganda ,sebagaimana yang ternaktub dam Qur’an surat Al- Baqarah ayat 261:

“Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji, Allah melipatgandakan bagi siapa yang dia kehendaki, dan Allah Maha luas, Maha mengetahui”.

Akhirnya, hanya kepada ALLAH SWT kami berharap, semoga ALLAH SWT senantiasa memberi kelapangan rejeki dan umur yang panjang kepada kita semua, untuk dapat selalu berlomba dalam kebaikan.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Pengurus

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Sapa Kami